Headlines News :

bukan anak raja, anak ulama, dan bukan anak pejabat.

bukan anak raja, anak ulama, dan bukan anak pejabat.
Home » » Seekor Gajah liar terjebak dikanal, Siak.

Seekor Gajah liar terjebak dikanal, Siak.

Written By Afriadi on Wednesday, March 9, 2016 | 12:10 AM

seekor gajah liar terjebak dikanal di Desa Merempan Hulu, siak, Riau. foto diambil dari koleksi album foto akun facebook atas nama @Rynee Harry . Dalam komentar laman facebook-nya ia menjelaskan sudah 3 hari belakangan sekelompok gajah liar berkeliaran di sekitar tempat tinggalnya, setiap malam warga berjaga-jaga untuk mengantisipasi kedatangan gajah liar. gajah malang tersebut kabarnya terjebak dikanal hari selasa lalu dan keluar dengan sendirinya pada pagi Rabu 9 maret 2016.

hewan berbobot besar dan dilindungi ini berkeliaran ke perkebunan sawit masyarakat, sekelompok gajah ini memakan sawit milik mmasyarakat. kejadian ini tidak bisa menyalahkan hewan tersebut, mereka begitu karena keserakahan manusia sendiri. habitat mereka habis dirusak, seperti dibakar, pengalih fungsi lahan menjadi perkebunan dan lain sebagainya.

kerusakan alam mengakibatkan gajah diambang kepunahan, pengalih fungsi hutan menjadi lahan industri menghilangkan habitat mereka.

IUCN mengklasifikasikan subspesies gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) sebagai Kritis (Critically Endangered) dalam Daftar Merah IUCN (IUCN Red List of Threatened Species). Saat ini hanya terdapat 2,400 – 2,800 individu gajah Sumatera yang ada di alam. Jumlah tersebut merupakan 50 persen dari perkiraan populasi pada tahun 1985. Para ilmuwan mengemukakan jika tren ini terus berlangsung, maka gajah Sumatera dapat punah di alam 30 tahun mendatang.

Sumatera menampung jumlah populasi gajah Asia yang signifikan di luar India. Namun, di antara seluruh habitat gajah Asia, tingkat deforestasi di Sumatera mencapai tingkat yang paling mengkhawatirkan. Hutan dataran rendah merupakan habitat yang paling cocok untuk gajah. Sumatera telah kehilangan dua per tiga hutan dataran rendahnya dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, sehingga mengakibatkan punahnya gajah di banyak kawasan. 

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

kalender

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SHARE AF - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template